eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman
Kampus

Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Samarinda (Yashinta Nursalsabila)

Submitted by: ,
On: Nov 27, 2025 @ 6:32 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Yashinta Nursalsabila
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi guru yang ada di SMK Negeri 3 Samarinda dalam implementasi Kurikulum Merdeka, serta mengindentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan. Penelitian ini difokuskan pada aspek pengembangan kompetensi guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, penelitian ini juga menelaah faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi keberlangsungan proses pengembangan kompetensi guru tersebut. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari data primer yang bersumber dari key informan yaitu Wakil Kepala bidang Kurikulum SMK Negeri 3 Samarinda dan 3 (tiga) informan guru yang mewakili tiap jenjang kelas, yakni kelas X (sepuluh), XI (sebelas), XII (dua belas) di SMK Negeri 3 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi guru di SMK Negeri 3 Samarinda dilaksanakan melalui metode pelatihan dan workshop, pendampingan dan mentoring dalam program SMK PK, kolaborasi dan jaringan dengan pihak industri, pemodelan Sekolah Penggerak SMK PK, pemanfaatan platform Merdeka Mengajar, pemantauan sepanjang proses pembelajaran, serta penerimaan umpan balik dan penelitian tindakan di kelas. Namun dalam pelaksanaannya terdapat faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pengembangan kompetensi ini meliputi jadwal pelatihan yang bertabrakan dengan jadwal mengajar di kelas, adanya pemangkasan dana dari pemerintah, serta keharusan pihak sekolah untuk menganggarkan sendiri untuk melaksanakan pelatihan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kompetensi Guru, Kurikulum Merdeka, Pengembangan Kompetensi Guru, Sumber Daya Ma
  • NIM: 2102016016
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2021
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 13
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Yashinta Nursalsabila (11-27-25-06-32-41).pdf (376 kB)