Evaluasi Inklusivitas Pelayanan Administrasi Publik bagi Penyandang Disabilitas: Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sangatta Utara (Rafissah Adilah Khairunnisa)
Submitted by: ,
On: Dec 1, 2025 @ 8:05 AM
IP: 172.17.6.42
- Judul artikel eJournal: Evaluasi Inklusivitas Pelayanan Administrasi Publik bagi Penyandang Disabilitas: Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sangatta Utara
- Pengarang (nama mhs): Rafissah Adilah Khairunnisa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Pelayanan publik yang inklusif merupakan hak dasar setiap warga negara, termasuk penyandang disabilitas. Studi ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi tingkat inklusivitas pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sangatta Utara bagi penyandang disabilitas. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang diterapkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berdasarkan Miles, Huberman, dan Saldana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya peningkatan aksesibilitas, masih terdapat banyak hambatan, seperti keterbatasan sarana fisik ramah disabilitas, kurangnya pelatihan petugas, serta terbatasnya penggunaan teknologi aksesibel. Selain itu, diharapkannya kebijakan pelayanan inklusif melalui pelatihan, pengadaan sarana fisik dan sistem pelaporan berbasis partisipasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sangatta Utara.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik Inklusif, Aksesibilitas, Penyandang Disabilitas
- NIM: 2002016018
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2020
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Thalita Rifda Khaerani, S.AP., M.Si.
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 13
- Nomor: 3
- Tahun: 2025
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Rafissah Adilah Khairunnisa (12-01-25-08-05-17).pdf (349 kB)



