eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Inovasi Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Terpadu Kecamatan dan Kampung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau (Sitti Sadaria)

Submitted by: ,
On: Apr 11, 2025 @ 8:59 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Inovasi Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Terpadu Kecamatan dan Kampung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau
  • Pengarang (nama mhs): Sitti Sadaria
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Inovasi Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Terpadu Kecamatan dan Kampung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan Inovasi Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Terpadu Kecamatan dan Kampung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Berau melalui tahap-tahap inovasi. Adapun penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan Inovasi Layanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Terpadu Kecamatan dan Kampung sudah dilaksanakan sesuai tahap-tahap inovasi, meliputi tahap mengenali masalah atau kebutuhan, tahap riset dasar dan aplikatif, tahap pengembangan, tahap komersialisasi, tahap difusi dan adopsi, dan tahap konsekuensi. Serta dengan adanya inovasi tersebut, cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Berau mengalami peningkatan setiap tahunnya. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia yang memadai, peralatan yang lengkap, dan hubungan kerja sama aparat yang baik. Faktor penghambat dalam penelitian ini adalah jaringan belum merata di beberapa daerah dan kurangnya kesadaran masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Inovasi, Layanan Jemput Bola, Administrasi Kependudukan
  • NIM: 1802015012
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Thalita Rifda Khaerani, S.AP, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 13
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Sitti Sadaria (04-11-25-08-59-48).pdf (177 kB)