eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Bontang Barat (Githa Maharani)

Submitted by: ,
On: May 20, 2024 @ 7:45 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Bontang Barat
  • Pengarang (nama mhs): Githa Maharani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bontang Barat dan untuk mengetahui, mengidentifikasi factor pendukung dan penghambat pada pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bontang Barat. Peneltian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian kualitas pelayanan yang terbagi menjadi 5 dimensi kualitas yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy serta faktor pendukung dan penghambat pada pelayanan PATEN. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saladana. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Bontang Barat cukup baik, di indetifikasi Tangible (bukti fisik) masih terdapat terdapat kekurang seperti minimnya lahan parkir serta ruang tunggu yang kecil membuat masyarakat terpaska berdiri saat menunggu pelayanan. Reliability (Kehandalan) pegawai memberikan pelayanan sesuai dengan sop serta memberikan informasi mengenai PATEN. Responsiveness (ketanggapan) pegawai memberikan layanan sangat responsif dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Dari indikator merespon keluhan masyarakat masih kurang maksimal karena tidak terdapat kotak pengaduan. Assurance (jaminan) terkait ketetapan waktu dan biaya pelayanan PATEN pegawai menjalankan tugas sesuai dengan peraturan yang ada. Serta dimensi Empathy (empati) pegawai melakukan pelayanan dengan sopan dan tidak memihak serta menunjukan perhatian pada masyarakat terhadap permasalahan yang ada dan memperlakukan masyarakat dengan hormat dan adil serta faktor pendukung pada Pelayanan PATEN di Kecamatan Bontang Barat adanya kemampuan pegawai serta kinerja pegawai cukup baik dengan adanya pembagian kerja yang jelas. Faktor pengahmbat pelayanan PATEN kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pelayanan PATEN, kurangnya kenyamanan masyarakat terkait ruang tunggu pelayanan dan lahan pakir, serta kurangnya keterbukaan informasi mengenai pelayanan PATEN.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas pelayanan, Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan, Pelayanan Administrasi
  • NIM: 1902016085
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 211. Hlmn Persetujuan Jurnal Githa Maharani 2019_signed (05-20-24-07-45-27).pdf (499 kB)

Print Friendly, PDF & Email