Penerapan Pelayanan Publik Online Melalui WhastApp pada Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Barat (Kristi Diva Amisaday)
Submitted by: ,
On: May 21, 2024 @ 1:27 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Penerapan Pelayanan Publik Online Melalui WhastApp pada Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Barat
- Pengarang (nama mhs): Kristi Diva Amisaday
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pelayanan publik online melalui whatsapp pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat serta mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian menggunakan teori dari Everett Rogers terdiri dari keuntungan relatif (relative advantage), kesesuaian (compability), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability) dan kemudahan diamati (observability) serta faktor penghambat dalam pelayanan publik online. Sumber data primer terdiri dari key informan yaitu Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat serta informan yaitu Staf Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Seksi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan, Operator dan masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan melalui whatsapp. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan publik online melalui whastapp pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Barat sudah terlaksana dengan baik, namun belum terlaksana secara maksimal. Hal ini berdasarkan lima indikator yaitu dari indikator keuntungan relatif (relative advantage) adanya dampak baik, keuntungan, nilai lebih untuk masyarakat. Dari indikator kesesuaian (compability), memenuhi kebutuhan masyarakat tetapi belum maksimal. Dari indikator kerumitan (complexity), kerumitan dialami masyarakat berupa pemahaman masyarakat akan teknologi, koneksi jaringan ini internet yang tidak stabil. Dari indikator kemungkinan dicoba (trialbility), belum teruji dengan baik tidak semua kalangan masyarakat bisa mengerti dan menggunakannya. Dari indikator kemudahan diamati (observability), belum berjalan secara opitimal tidak semua masyarakat dapat memahami, mengerti dan bisa menggunakan pelayanan publik online tersebut. Faktor penghambat jaringan internet yang tidak stabil, kurangnya pemahaman masyarakat dan sumber daya manusia.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik Online, Inovasi Pelayanan
- NIM: 1902016023
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Daryono, M.Si., Ph.D
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 12
- Nomor: 3
- Tahun: 2024
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 212. Hlmn Persetujuan Jurnal Kristi Diva 2019_signed (05-21-24-01-27-59).pdf (554 kB)