eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Iven Rezky Arung)

Submitted by: ,
On: May 17, 2024 @ 9:24 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur
  • Pengarang (nama mhs): Iven Rezky Arung
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang diberikan selama masa pandemi Covid-19 dan kendala apa saja yang dihadapi oleh para pelayan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 di puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu kompetensi teknis, kenyamanan, ketepatan waktu dan kendala yang dihadapi oleh Puskesmas Teluk Lingga Sangatta Utara dalam pelayanan selama covid-19. Teknik pengumpulan data, In-depth, wawancara, dokumentasi. Sumber sata primer antara lain kepala puskesmas, dokter, bidan, perawat serta warga Sangatta Utara. Teknis analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kompetensi teknis petugas medis berusaha semaksimal mungkin dan dirasa cukup dalam merespon setiap keluhan yang ada, pelayanan kesehatan yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dari penerima layanan, dari segi kenyamanan barang yang dirasa dapat menyebarkan covid-19 disingkirkan sehingga disingkirkannya fasilitas yang menjadi penunjang kenyamanan membuat pasien mengeluh. Ketepatan waktu dirasa kurang dari pendaftaran hingga tindakan memakan waktu yang lama karena harus melalui beberapa prosedur yang ada. Kendala yang dihadapi yaitu: 1). Beban kerja yang berat membuat petugas kelelahan. 2) Ketidakjujuran pasien, pasien menolak bekerja sama denga petugas. 3) Jam kerja pelayanan tutup lebih cepat dari waktu jam kerja yang sudah ditentukan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, pelayanan puskesmas
  • NIM: 1702015094
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 210. Hlmn Persetujuan Jurnal Iven Rezky 2017_signed (05-17-24-09-24-59).pdf (535 kB)

Print Friendly, PDF & Email