eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Inovasi Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda (Muhammad Fazar)

Submitted by: ,
On: May 9, 2023 @ 12:19 AM
IP: 103.187.88.25

  • Judul artikel eJournal: Inovasi Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Melalui Sistem Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Fazar
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penerapan inovasi pelayanan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) oleh DPMPTSP Kota Samarinda, serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Fokus peneilitian yaitu faktor keberhasilan dan faktor penghambat penerapan inovasi pelayanan perizinan berusaha melaui sistem OSS-RBA oleh DPMPTSP Kota Samarinda. Sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian inovasi pelayanan perizinan berusaha melalui sistem OSS-RBA oleh DPMPTSP Kota Samarinda dari segi tata kelola masih kurang efektif karena belum tersedianya SOP. Bentuk inovasi yang dihadirkan yaitu Loket OSS di MPP dan Loket OSS di Kecamatan. Inovasi diciptakan bersumber dari kebutuhan masyarakat, namun pasca berjalannya inovasi belum ada wadah khusus bagi masyarakat untuk memberikan ide dan saran. Budaya inovasi dari segi pelayanan masih terkesan monoton atau kurang inovatif. Fasilitas di MPP sudah baik namun berbanding terbalik dengan fasilitas yang ada di Kecamatan. Tujuan inovasi ini memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah dan terjangkau. Namun jumlah pengunjung layanan OSS baik di MPP atau di Kecamatan dari tahun 2021-2022 mengalami penurunan. Kerjasama dengan Kecamatan di Kota Samarinda dan sosialisasi kepada masyarakat merupakan upaya untuk menyukseskan inovasi ini. Adapun faktor penghambatnya adalah sistem sering gangguan, keterbatasan mengakses sistem OSS-RBA. Kurangnya sosialisasi. Dan kurangnya kepastian waktu serta metode yang digunakan untuk menghubungi kembali masyarakat, terakhir kurangnya minat masyarakat untuk menerbitkan izin usaha.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Inovasi Pelayanan, Pelayanan Perizinan, OSS-RBA
  • NIM: 1802015018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Muhammad Fazar (05-09-23-12-19-57).doc (139 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 92. Hlmn Pengesahan Jurnal Muhammad Fazar 2018_signed (05-09-23-12-19-57).pdf (619 kB)

Print Friendly, PDF & Email