eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Implementasi Program Belajar Dari Rumah Di SDN 003 Sungai Kunjang Kota Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19 (Muhammad Yusuf Masagena)

Submitted by: ,
On: May 8, 2023 @ 2:59 AM
IP: 103.187.88.25

  • Judul artikel eJournal: Implementasi Program Belajar Dari Rumah Di SDN 003 Sungai Kunjang Kota Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Yusuf Masagena
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Program Belajar Dari Rumah serta kendala yang dihadapi dalam proses berjalannya kebijakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun fokus dari penelitian ini adalah 1. Implementasi program Belajar Dari Rumah yang tertuang pada Instruksi Walikota Samarinda Nomor 423/0422/100.01 antara lain: a. Ujian Nasional ditiadakan. b. Proses belajar dilakukan dirumah. c. Kenaikan kelas dilakukan dengan menggunakan nilai sebelumnya dari prestasi akademik. 2. Kendala-kendala dalam implementasi program Belajar Dari Rumah. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan beberapa informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Orangtua siswa dan siswa itu sendiri. Selanjutnya analasis data memakai Analisis Data Kualitatif dari Miles and Hubberman yaitu Model Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi program Belajar Dari Rumah di SDN 003 Sungai Kunjang sudah berjalan sesuai dengan isi Instruksi Walikota Samarinda Nomor 423/0422/100.01 yaitu peniadaan Ujian Nasional, proses belajar dilakukan dari rumah, dan kenaikan kelas menggunakan nilai dari prestasi akademik. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam proses implementasi program Belajar Dari Rumah di SDN 003 Sungai Kunjang yaitu, permasalahan koneksi internet yang tidak stabil oleh siswa yang tempat tinggalnya jauh dari perkotaan, siswa mengalami kebosanan dikarekanakan guru terlalu monoton memberikan materi pembelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak mengikuti pembelajaran, lingkungan tempat tinggal siswa lebih dominan anak anak yang sering bermain dan kurangnya motivasi dari orang tua untuk memberikan semangat belajar kepada anak-anaknya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pembelajaran Daring, Belajar Dari Rumah, Covid-19
  • NIM: 1702015072
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Muhammad Yusuf Masagena (05-08-23-02-59-19).doc (160 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 89. Hlmn Persetujuan Jurnal M. Yusuf Masagena 2017_signed (05-08-23-02-59-19).pdf (610 kB)