eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KANTOR KECAMATAN BALIKPAPAN TENGAH KOTA BALIKPAPAN (Rachman Adhikara )

Submitted by: ,
On: Jun 17, 2016 @ 2:28 AM
IP: 180.248.68.215

  • Judul artikel eJournal: STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KANTOR KECAMATAN BALIKPAPAN TENGAH KOTA BALIKPAPAN
  • Pengarang (nama mhs): Rachman Adhikara
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Tehnik pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelitiandokumen. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi penelitian dan mengadakan wawancara dengan narasumber yaitu Kepala Pemerintahan Kecamatan Balikpapan Tengah, Kepala Seksi Pemerintahan, serta staf dan masyarakat.
    Hasil penelitian menyatakan bahwa standar pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan sudah cukup baik. Prosedur pelayanan sudah ditetapkan dengan baik dan jelas, tata cara permohonan pembuatan Kartu Keluarga sudah diterapkan dengan baik. Prosedur pembuatan Kartu Keluarga telah memenuhi kriteria dalam prinsip pelayanan publik yaitu kesederhanaan. Waktu penyelesaian pembuatan Kartu Keluarga telah memenuhi kriteria kepastian waktu penyelesaian yang sudah ditetapkan namun dalam pelaksanaannya masih tidak maksimal, masih sering terjadi keterlambatan dalam penyelesaiannya. Biaya pelayanan sudah tidak ada lagi untuk pembuatan Kartu Keluarga. Produk pelayanan telah memenuhi kriteria yang terdapat pada prinsip pelayanan public yaitu akurasi, produk pelayanan publik diterima dengan benar, tepat dan sah, serta memeliki legalitas atau kepastian hokum. Sarana dan prasarana sudah cukup lengkap guna menunjang pelayanan pembuatan Kartu Keluarga. Kompetensi petugas juga sudah cukup baik, petugas pelayanan sudah cukup menguasai bidang yang dilaksanakan, dan juga diberikan pelatihan agar dapat bekerja secara optimal. Faktor pendukung standar pelayanan pembuatan Kartu Keluarga adanya dasar hokum yang jelas dan sah, kesiapan petugas pelaksana pelayanan, serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya, kurangnya petugas pelayanan, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuat Kartu Keluarga, serta saran dan prasarana yang kurang lengkap.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Standar Pelayanan, Kartu Keluarga
  • NIM: 0902015064
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal rachmang (06-17-16-02-28-22).doc (131 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal rachmang (06-17-16-02-28-22).pdf (67 kB)