eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

EFEKTIVITAS PELAYANAN PEGAWAI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG (IPAN SUNARTO)

Submitted by: ,
On: Aug 28, 2015 @ 7:00 AM
IP: 180.248.253.81

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS PELAYANAN PEGAWAI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG
  • Pengarang (nama mhs): IPAN SUNARTO
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): IPAN SUNARTO, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Efektivitas Pelayanan Pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kecamatan Tenggarong Seberang dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Bapak Dr. Endang Erawan, M.Si
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelayanan Pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kecamatan Tenggarong Seberang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung efektivitas pelayanan Pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kecamatan Tenggarong Seberang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan informasi kepada nasabah/calon nasabah mengenai produk BRI yang disampaikan kepada masyarakat berbeda. Dilihat dari keperluan nasabah kepada pegawai. Pegawai menyampaikan mengenai informasi saldo nasabah, transfer maupun pinjaman kepada nasabah, cara dan langkah yang akan dilakukan nasabah yang ingin mengetahui informasi saldo, melakukan pinjaman ataupun transfer melalui ATM atau melalui CS. Pegawai melayani permintaan salinan rekening koran nasabah dengan melakukan print out isi tabungan nasabah. Seluruh pegawai membantu nasabah yang tidak mengerti pengisian aplikasi dana maupun jasa BRI di kantor kami.
    Pegawai memiliki tugas untuk menerima dan menginventarisasi keluhan nasabah dan pegawai harus menangani masalah yang terjadi. Faktor pendukung dari kondisi ruang pelayanan, pegawai selalu mengikuti perkembangan teknologi, fasilitasnya BRI lengkap dari ruang tunggu yang menyediakan TV, AC, terdapat pula Musholah dan tempat parkirnya luas. Sumber informasi ada, seperti kotak saran, pelayanan via telepon, fax dan sms, yang bisa setiap saat di hubungi nasabah dan faktor penghambat nasabah tidak merasa aman ketika nasabah bertransaksi pengambilan dana tunai yang cukup besar.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas, Pelayanan Pegawai
  • NIM: 0802015105
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si & Dr. Endang Erawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ipan (08-28-15-07-00-11).doc (120 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ipan (08-28-15-07-00-11).pdf (77 kB)