eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (DANIL)

Submitted by: danil fisipol, fisipol
On: May 26, 2015 @ 4:31 AM
IP: 36.75.88.116

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): DANIL
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): DANIL, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Studi Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara, pembimbing I Dr. Djumadi, M.Si dan pembimbing II Drs. H. Hamdan, M.Si. Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan, faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut, yang menjadi tolak ukur kualitas pelayanan dilihat dari dimensi sebagai berikut: a. Keandalan (reliability), b. Daya Tanggap (responsiveness), c. Jaminan (assurance), d. empati (empathy), e. Berwujud (tangibles). b.faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data primer di peroleh melalui key informan yaitu Kepala Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut, dan informan yang terdiri dari 4 dari tenaga kesehatan medis dan non medis dan 19 orang masyarakat/pasien yang sedang berobat di puskesmas dan yang pernah menggunakan pelayanan di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen-dokumen di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles and Hubberman.
    Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut sudah berusaha melakukan secara maksimal. Tetapi dari kelima indikator pengukur kualitas pelayanan publik Hanya ada beberapa saja yang terlaksana dengan maksimal, faktor pendukung kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan kembang janggut adalah dengan adanya program kesehatan gratis serta adanya gedung puskesmas sebagai objek tempat pelayanan kesehatan. Tetapi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan juga terdapat beberapa faktor penghambat yang menyebabkan pelayanan kurang maksimal, diantaranya kondisi bangunan sebagai objek terlaksananya pelayanan kurang memadai khususnya bangunan rawat inap yang kondisinya rusak.

    Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan pada puskesmas
  • NIM: 1102015162
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Administrasi Negara Danil (05-26-15-04-31-50).doc (129 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Administrasi Negara Danil (05-26-15-04-31-50).pdf (72 kB)

Print Friendly, PDF & Email