eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pengaruh Good Governance Terhadap Pelayanan Prima Di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser (Chalifatus Sa’idah)

Submitted by: Sa’idah, Chalifatus
On: May 26, 2015 @ 4:00 AM
IP: 180.248.93.122

  • Judul artikel eJournal: Pengaruh Good Governance Terhadap Pelayanan Prima Di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
  • Pengarang (nama mhs): Chalifatus Sa’idah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Chalifatus Sa’idah, 2015, Pengaruh Good Governance Terhadap Pelayanan Prima Di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara good governance terhadap pelayanan prima dan untuk mengukur berapa besar pengaruh good governance terhadap pelayanan prima di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser
    Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif asosiatif penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan kausal sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Definisi Operasional meliputi independen variabel atau good governance dan dependen variabel atau variabel pelayanan prima. Dalam penelitian ini menggunakan 98 orang sebagai sampel dengan menggunakan teknik accidential. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Alat pengukur data yang digunakan ialah skala likert. Analisis data yang digunakan adalah koefisien korelasi Product Moment (rxy) dan analisis Regresi Linier Sederhana.
    Kesimpulan berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dihasilkan dengan menggunakan rumus korelasi Puduct Moment, hipotesis yang diajukan dapat diterima untuk N=98, dimana rxy hitung lebih besar dari harga kritis rxy tabel (11,893>1,671) pada tingkat α 0,10. Dan termasuk dalam pengaruh yang kuat antara good governance dengan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Kemudian melakukan uji regresi sederhana dan memperoleh hasil persamaan Y’ = 3,84 + 0,841X. Selanjutnya dari hasil uji determinasi besar pengaruh good governance dengan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser adalah 59,6%. Dimana pelayanan prima kurang maksimal karena penyelesaian pelayanan di Kantor Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser kadang kala tertunda-tunda sehingga ketepatan waktu pelayanan belum optimal.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Good Governance, dan Pelayanan Prima
  • NIM: 1102015045
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dra. Rosa Anggrae
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal (05-26-15-04-00-49).doc (181 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal (05-26-15-04-00-49).pdf (84 kB)

Print Friendly, PDF & Email