KINERJA LURAH DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN GUNUNG LINGAI KOTA SAMARINDA (NORAVITA SAPUTRI)
Submitted by: Saputri, Noravita
On: Apr 30, 2014 @ 6:16 AM
IP: 180.248.93.170
- Judul artikel eJournal: KINERJA LURAH DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN GUNUNG LINGAI KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): NORAVITA SAPUTRI
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Noravita Saputri, Kinerja Lurah dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda. Bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja Lurah dalam pelayanan publik di Kelurahan Gunung Lingai dan mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan kinerja Lurah dalam pelayanan publik di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yakni key informan adalah Camat Sungai Pinang Kota Samarinda dan informan adalah Pegawai/Staf dan masyarakat Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memasuki penelitian (getting in), berada dilokasi penelitian (getting a long), mengumpulkan data (longing data). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis data model interaktif.
Kesimpulan penelitian diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan Kinerja Lurah dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda masih belum maksimal, sebab kinerja lurah dalam tingkat kedisiplinan memenuhi jam kerja masih rendah, kerjasama yang dilakukan Lurah terhadap pegawai/staf kurang maksimal, kurangnya kontribusi dan partisipasi dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda. Dalam proses pelayanan publik di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda terdapat kesederhanaan prosedur, keterbukaan informasi, serta sarana dan prasarana pelayanan yang sudah cukup memadai, walaupun terdapat sedikit hambatan pada kepastian pelaksanaan pelayanan, dikarenakan Lurah sering tidak ada di tempat saat jam pelayanan berlangsung. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): kinerja lurah dan pelayanan publik
- NIM: 1002015046
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si & Dra. Hj. Ida Wahyuni, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 2
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal AN vita (04-30-14-06-16-18).doc (120 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Microsoft Word – eJournal AN vita (04-30-14-06-16-18).pdf (87 kB)