Studi Tentang Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan (Dwi Amalia)
Submitted by: Amalia, Dwi
On: Apr 29, 2014 @ 4:53 PM
IP: 202.67.39.24
- Judul artikel eJournal: Studi Tentang Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan
- Pengarang (nama mhs): Dwi Amalia
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dan faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memaparkan atau menggambarkan segala peristiwa yang diperoleh di lapangan dan untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data yang diperoleh, dan bertujuan untuk memberikan penjelasan dari variabel yang diteliti, dalam hal ini yaitu pegawai di Kantor Pelayanan pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian Kepustakaan serta teknik penelitian Lapangan yang terdiri dari observasi secara langsung ke objek penelitian, Interview secara langsung kepada narasumber, dan dokumentasi. Dengan Key Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Pelayanan pajak (KPP) Pratama dan Informan adalah Kepala Seksi dan para pegawai serta Staff Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan.
Dari hasil penelitian tentang kinerja pegawai maka diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan Kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Tarakan belum berjalan dengan maksimal karena berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa KPP Kota Tarakan membutuhkkan lebih banyak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan dan pengalaman serta tingkat disiplin pegawai yang masih rendah terlihat dari banyaknya pegawai yang datang terlambat, sering keluar kantor pada saat jam kerja dan pulang lebih cepat sebelum waktunya.
Dalam rangka peningkatan kinerja pegawai dalam menjalankan tugas, maka perlu diadakan program pelatihan secara berkala agar ada peningkatan kemampuan kepada para pegawai serta pemberian reward dan punishment yang transparan kepada seluruh pegawai sehingga para pegawai menjadi lebih baik dalm mengoptimalkan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan mereka pada masa yang akan datang. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja Pegawai, Kantor Pelayanan Pajak, Tarakan
- NIM: 0802015090
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. H. Suarta Djaja, M.S, Drs. M.Z. Arifin, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 3
- Nomor: 2
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Journal (04-29-14-04-53-48).doc (111 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Journal (04-29-14-04-53-48).pdf (214 kB)