eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SAMARINDA DIKELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA (Randy Mahardhika Putra)

Submitted by: Mahardhika Putra, Randy
On: May 16, 2013 @ 12:49 AM
IP: 116.251.212.41

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SAMARINDA DIKELURAHAN SEMPAJA UTARA KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Randy Mahardhika Putra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak
    Randy Mahardhika Putra, Implementasi Pelayanan PDAM Kota Samarinda Didaerah Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda, di bawah bimbingan Drs.H.M. Gunthar Riady, M. Si dan Drs.Farhanuddin Jamanie,M. Si.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menggambarkan tentang impelentasi pelayanan PDAM Kota Samarinda di daerah Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan dan menjabarkan gejala – gejala yang ada atau yang terjadi dalam pelaksanaan pelayanan PDAM Kota Samarinda di daerah kelurahan sempaja utara. Data yang akan disajikan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu, data yang diperoleh dari penelitian langsung di lapangan berupa data dari wawancara langsung serta data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui telaah pustaka, baik melalui buku – buku, jurnal, majalah, tulisan ilmiah, dan akses internet yang dinilai relevan dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisis interaktif yang merupakan rangkaian dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan / verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pelayanan PDAM Kota Samarinda pada masyarakat Kelurahan Sempaja Utara belum cukup baik, di dalam pelayanannya masih kurangnya beberapa indicator seperti Transparansi Pelayanan, Ketepatan Waktu Pelayanan,Responsivitas Pelayanan dan Jaminan Pelayanan, namun Direksi dan staff PDAM Kota Samarinda selalu berupaya untuk melakukan pelayanan dengan layanan yang baik dan berkualitas sesuai dengan ketentuan serta pedoman pealayanan yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan pelayanan, pegawai PDAM Kota Samarinda yang berada diloket loket cabang setiap kecamatan dan kelurahan selalu menerapkan pelayanan yang cepat dan tepat yang mencakup kesederhanaan pelayanan, mutu produk pelayanan, tingkat profesional petugas,tertib pengelolaan administrasi manajemen dan sarana prasarana pelayanan.
    Kesimpulan dari penelitian tentang Implementasi Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum di daerah Kecamatan Samarinda Utara Kelurahan Sempaja Utara belum dapat dikatakan berjalan dengan lancer,karena ada beberapa indikator pelayanan publik yaitu Transparansi, Ketepatan waktu , Responsivitas, dan Jaminan yang belum sesuai dengan harapan warga Kelurahan Sempaja Utara.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): implementasi, pelayanan PDAM Kota Samarinda.
  • NIM: 0802015053
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2008
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs.H.M.Gunthar Riady,M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 1
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2013
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL PENELITIAN KU (05-16-13-12-49-50).pdf (250 kB)

Print Friendly, PDF & Email