Efektivitas Program Sistem Informasi Pelayanan Umum Terpadu (SIPUT) Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Belimbing Kota Bontang (Annisa Choirunnisa)
Submitted by: ,
On: Jul 10, 2025 @ 2:27 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Efektivitas Program Sistem Informasi Pelayanan Umum Terpadu (SIPUT) Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kelurahan Belimbing Kota Bontang
- Pengarang (nama mhs): Annisa Choirunnisa
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas program SIPUT yang dijalankan oleh Kelurahan Belimbing Kota Bontang dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan serta faktor penghambat selama melaksanakan program tersebut. Penelitian ini adalah jenis Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, Adapun informan kunci adalah pegawai kelurahan sedangkan informan lainnya berasal dari masyarakat. Adapun efektivitas program dalam penelitian ini diukur dengan empat indikator yaitu, ketepatan program, ketercapaian tujuan, sosialisasi program dan pemantauan program. Berdasarkan hasil Penelitian diketahui bahwa program SIPUT yang dijalankan belum tercapai dikarenakan permasalahan yang ada dalam masyarakat yaitu sosialisasi yang kurang terhadap masyarakat khususnya lansia dan belum ada penanggung jawab khusus terhadap pemantauan program SIPUT. Namun dengan adanya program SIPUT ini sudah tepat sasaran yaitu sasaran utama adalah masyarakat dan ketercapaian tujuan yang dijalankan sudah meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum, pemantauan program dirasa masih kurang karena belum ada penanggung jawab secara langsung program ini serta sosialisasi hanya dilakukan secara lisan terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut maka program SIPUT masih layak untuk terus digunakan dan dikembangkan bagi sektor pelayanan publik di Kelurahan Belimbing Kota Bontang. Adapun hambatan dalam penerapan program SIPUT adalah data pendudukan yang belum sinkron dengan Disdukcapil, pemahaman yang kurang tentang penggunaanya terutama warga lanjut usia dan permasalahan teknis. Berdasarkan hal tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah peningkatan fitur layanan dan pemantauan program yang harus ditingkatkan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): SIPUT, Pelayanan Publik
- NIM: 1802015034
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 13
- Nomor: 2
- Tahun: 2025
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Annisa Choirunnisa (07-10-25-02-27-30).pdf (388 kB)