eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pencapaian Sasaran Evaluasi Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda (Merliana Dian Rusdiati)

Submitted by: ,
On: Feb 13, 2025 @ 7:56 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Pencapaian Sasaran Evaluasi Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Merliana Dian Rusdiati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pencapaian sasaran evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda, serta faktor yang mendukung dan menghambat evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kelurahan Sungai Dama Kota Samarinda. Metode penelitian ini terdiri dari jenis penelitian kualitatif, fokus penelitian ini meliputi ; membuat analisis kinerja pegawai, membuat evaluasi, menentukan sasaran kinerja dan menemukan potensi pegawai serta faktor penghambat dalam evaluasi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik melalui aspek pembuatan analisis kinerja pegawai sudah dilakukan Kelurahan Sungai Dama Samarinda, seperti: proses mengumpulkan informasi, membandingkan dengan Kelurahan lainnya di wilayah Samarinda Ilir, menentukan tujuan kerja secara maksimal serta menyesuaikan kondisi pegawai dengan beban kerja di Kantor Kelurahan. evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik melalui aspek pelaksanaan pelatihan kerja pegawai, sepenuhnya belum diterapkan dengan baik termasuk pelatihan pendidikan dan pengembangan kinerja pegawai. evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik melalui aspek pembuatan sasaran kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Sungai Dama Samarinda Ilir sudah diterapkan dengan baik dan pengeloaannya sudah sistimatis karena mengikuti prosedur di Kelurahan. evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik melalui aspek menemukan potensi pegawai, sudah diterapkan oleh Kelurahan Sungai Dama, dalam pelaksanaan tersebut, penyelenggaran menemukan setiap pegawai Kelurahan memiliki potensi kerja yang berbeda, dan Lurah sudah melakukan upaya untuk menemukan potensi dari pegawainya. Adapun Faktor yang menghambat dalam evaluasi kinerja pegawai dalam pelayanan publik meliputi: Alokasi Anggaran yang tidak mendukung dimana anggaran yang disediakan khususnya dalam membuat program evaluasi kinerja pegawai terbatas, selain standar evaluasi kerja yang tidak konsisten, serta penyelenggaraan evaluasi tidak dilakukan menyeluruh sehingga banyak sasaran kerja tidak terlaksana
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Evaluasi Kinerja, Sasaran Kinerja
  • NIM: 1702015048
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 13
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 280. Hlmn Persetujuan Jurnal Merliana Dian 2017_signed (02-13-25-07-56-29).pdf (348 kB)