Kualitas Pelayanan Menggunakan Instagram pada Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda (Mickael Jonathan)
Submitted by: ,
On: Feb 21, 2025 @ 9:13 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Menggunakan Instagram pada Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Mickael Jonathan
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Fenomena mengenai kualitas layanan publik sering dihadapi instansi pemerintah, karena kompleksnya layanan yang diberikan terutama produk yang beragam sehingga berbenturan dengan masalah kualitas, sedangkan meningkatkan kepuasan kerja tentunya banyak faktor yang perlu diefisiensikan. Salah satunya adalah layanan yang menggunakan instragram sebagai upaya menjangkau layanan yang luas dan meningkatkan kualitas dalam layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan menggunakan instagram serta faktor yang mempengaruhi layanan pada Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda. Metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif, fokusnya meliputi: Context, 2) Communication, 3) Collaboration, 4) Connection serta 5) Faktor penghambat dalam kualitas pelayanan instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu model interkatif. Hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan menggunakan instagram pada Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda meliputi: context berjalan dengan baik, namun untuk communication, collaboration, connection memiliki beberapa kendala sehingga pelayanan kurang maksimal, namun secara keseluruhan pelayanan menggunakan instagram yang dilakukan oleh staf pengelola tetap berjalan sehingga dapat dikatakan cukup baik. Adapun faktor yang menghambat yaitu masalah kurangnya staf pengelola instagram sehingga masih terbatas dalam melayani menggunakan instagram. Masyarakat yang datang ke kantor secara langsung dan tidak semua mengetahui adanya pelayanan dengan menggunakan instagram di Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda. Implikasi dari penelitian ini ditunjukan pada instansi pemerintah agar lebih meningkatkan layanan terutama dalam penggunaan instagram, dan bagi masyarakat dapat mengetahui metode layanan instagram sehingga lebih mudah melakukan layanan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Instagram, Mal Pelayanan Publik
- NIM: 1802015046
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Si.
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 13
- Nomor: 1
- Tahun: 2025
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 282. Hlmn Persetujuan Jurnal Mickael Jonathan 2018_signed (02-21-25-09-13-59).pdf (618 kB)