eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Tinjauan Tentang Efektivitas Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat (Ronaldo Herdian Saputra)

Submitted by: ,
On: Oct 4, 2024 @ 3:24 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Tinjauan Tentang Efektivitas Organisasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat
  • Pengarang (nama mhs): Ronaldo Herdian Saputra
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas organisasi dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian difokuskan pada: volume pekerjaan, ketepatan waktu, kualitas, sasaran, kendala yang menghambat dan aspek yang mendorong. Analisis data menggunakan model interaktif. Dari indikator kualitas kerja seluruh pegawai, penelitian menunjukkan bahwa Kantor Kecamatan Melak efektif dalam memberikan layanan administrasi kependudukan sesuai bidangnya. Selain itu, mereka juga mampu mengatasi kendala terkait layanan tersebut sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP). Volume pekerjaan seluruh pegawai bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Ketepatan waktu pegawai dapat menyelesaikan dengan waktu yang telah direncanakan. Efektivitas kerja pegawai sesuai dengan sasaran dalam pelayanan administrasi kependudukan. Faktor penghambatnya adalah terjadi masalah listrik, PC dan Laptop yang sedang dalam perbaikan, Pejabat Kecamatan Melak tidak ada ditempat pada saat dibutuhkan, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya administrasi kependudukan, dan pengetahuan masyarakat dalam mempersiapkan berkas administrasi, sedangkan faktor pendukungnya adalah tersedia fasilitas Personal Computer (PC), Laptop, keadaan listrik, jaringan internet, terpenuhi sarana dan prasarana pendukung kerja di Kecamatan Melak, pegawai memberikan pelayanan dengan ramah dan bekerja tepat waktu, memudah masyarakat dalam mendapatkan informasi dan pegawai bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas Organisasi, Pelayanan Administrasi, Pemerintah Kecamatan
  • NIM: 1602015084
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 252. Hlmn Persetujuan Jurnal Ronaldo Herdian 2016_signed (10-04-24-03-24-23).pdf (609 kB)