eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Responsivitas Penanganan Keluhan Masyarakat Mengenai Jalan Rusak Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Samarinda (Namira Nur Bahriani)

Submitted by: ,
On: Oct 1, 2024 @ 9:19 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Responsivitas Penanganan Keluhan Masyarakat Mengenai Jalan Rusak Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Namira Nur Bahriani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Responsivitas merupakan bentuk kepekaan atau kemampuan birokrasi dalam merespon serta memenuhi kebutuhan serta tuntutan masyarakat agar terciptanya kepuasaan masyarakat sebagai pengguna layanan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda merupakan instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur salah satunya jalan umum. Dalam penyelanggaraannya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda masih menghadapi banyak permasalahan, hal tersebut dapat dilihat dari masih banyaknya keluhan masyarakat terkait kondisi jalan yang rusak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis responsivitas penanganan keluhan mengenai jalan rusak pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda serta menganalisis faktor penghambat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dalam menangani keluhan masyarkat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan keenam indikator responsivitas menurut Zeithaml dkk, responsivitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda dapat dikatakan tidak responsif. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak semua keluhan masyarakat yang diterima dapat ditanggapi dengan cepat dikarenakan belum masuk dalam agenda penganggara, kemudian tidak adanya spanduk yang menjelaskan bagaimana mengajukan keluhan, dan masih terdapatnya aduan masyarakat yang belum direspon oleh aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda. Kemudian, adapun yang menjadi hambatan bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda menangani keluhan yaitu anggaran yang terbatas, ketersediaan bahan dan alat, cuaca, kurangnya informasi tentang alur pengaduan, dan pencatatan aduan secara digital yang belum dilakukan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Responsivitas, Pelayanan Publik, Pengaduan Masyarakat, Jalan Rusak
  • NIM: 2002016031
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2020
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 251. Hlmn Persetujuan Jurnal Namira Bahriani 2020_signed (10-01-24-09-19-05).pdf (714 kB)