eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda (Anissa Nur Rusdiati)

Submitted by: ,
On: Sep 27, 2024 @ 9:23 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Anissa Nur Rusdiati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik bidang adiministrasi kependudukan dan untuk mengetahui apa yang menjadi hambatan yang dihadapi oleh Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakankan adalah kualitatif, dengan sumber data yang di dapat dari hasil wawancara, dpkumentasi, dan observasi, penetapan informan dengan teknik purposive sampling dan data dianalisis menggunakan model interaktif yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir dimana dalam proses pemberian layanan masih ada beberapa indikator yang belum berjalan secara maksimal. Khsususnya yang berhubungan dengan dimensi daya tanggap, jaminan, empati, antara lain masih terkendala pada jaringan internet dan lamanya verifikasi data dari desdukcapil yang berdampak kepada lamanya proses penyelesaian data masyarakat, serta keakuratan pegawai dalam melayani masyarakat masih terdapat masalah, ketidak pastian jaminan waktu yang diberikan yang seharusnya sesuai dengan SOP sekitar 15 menit namun ternyata bisa lebih dari waktu yang telah ditentukan oleh pegawai serta masalah keramahan yang diberikan oleh beberapa pegawai yang masih terkesan kurang ramah dalam melayani masyarakat. Sedangkan dalam bentuk dimensi bukti fisik, kehandalan, telah berjalan dan dikembangkan dengan baik yang antra lain sarana dan prasarana sudah cukup lengkap seperti ruang tunggu yang dilengkapi AC, kursi, toilet tempat beribadah sehingga masyarakat merasa nyaman dalam menerima pelayanan serta pihak Kecamatan Samarinda Ilir memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat sesuai dengan yang sudah dijanjikan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas pelayanan publik, administrasi kependudukan, SOP
  • NIM: 2002016074
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2020
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Daryono, M.Si., Ph.D.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 248. Hlmn Persetujuan Jurnal Annisa Nur 2020_signed (09-27-24-09-23-56).pdf (618 kB)