eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pelayanan Administrasi Persetujuan Olah Gerak Kapal di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kuala Samboja (Sally Desya Mariska)

Submitted by: ,
On: Sep 26, 2024 @ 5:48 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Pelayanan Administrasi Persetujuan Olah Gerak Kapal di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kuala Samboja
  • Pengarang (nama mhs): Sally Desya Mariska
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai prosedur pelayanan administrasi persetujuan olah gerak kapal serta mendeskripsikan faktor penghambatnya di kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Kuala Samboja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada prosedur, waktu, biaya, sarana dan prasarana, serta faktor yang menghambat dalam proses pelayanan. Key informan adalah Kepala Kantor UPP dan Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut. Informan lainnya yaitu Kepala Bidang Tata Usaha serta perwakilan Agen Kapal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prosedur pelayanan yang ada di KUPP kelas III Kuala Samboja tidak berbelit-belit dan mudah dipahami, selain itu instruksi prosedur pelayanan yang diberikan oleh petugas cukup jelas sehingga menciptakan efisiensi dalam proses pelayanan. Pada waktu pelayanan, KUPP kelas III Kuala Samboja telah memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat waktu. Pegawai memproses pengajuan layanan sesuai ketentuan aturan yang berlaku, serta merespons pertanyaan dari agen kapal dan memberikan pengarahan yang diperlukan. Pada biaya pelayanan, KUPP kelas III Kuala Samboja tidak memungut biaya sepeserpun dalam pengurusan Surat Persetujuan Olah Gerak Kapal. Pada sarana prasarana, fasilitas yang disediakan oleh KUPP kelas III Kuala Samboja telah memadai dan mendukung proses pelayanan. Faktor penghambat dalam pelayanan administrasi di Kantor UPP kelas III Kuala Samboja antara lain habisnya masa berlaku buku pelaut/sertifikasi kapal, owner/crew kapal yang sulit dihubungi, serta buruknya jaringan komunikasi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Administrasi, Pelayanan Pelabuhan, Olah Gerak Kapal
  • NIM: 1702015052
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 247. Hlmn Persetujuan Jurnal Sally Desya 2017_signed (09-26-24-05-48-12).pdf (518 kB)