eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Pelayanan Kesehatan Puskesmas Temindung dalam Penanganan Pasien Demam Berdarah di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda (Gustian)

Submitted by: ,
On: Jul 30, 2024 @ 8:01 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Pelayanan Kesehatan Puskesmas Temindung dalam Penanganan Pasien Demam Berdarah di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Gustian
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan daripada penelitian ini yakni mendeskripsikan pelayanan kesehatan Puskesmas Temindung dalam penanganan pasien Demam Berdarah di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda, serta guna mengidentifikasi faktor penghambat, dengan memakai metode deskriptif kualitatif serta dengan fokus penelitian yakni Kuratif (pengobatan), preventif (upaya pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan), rehabilitatif (pemulihan kesehatan) dan mengidentifikasi faktor penghambatnya. Key informan yaitu Kepala Puskemas Temindung dan Koordinator Sistem Informasi di Puskesmas Temindung Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda dan informan lainnya yaitu pasien demam berdarah Puskesmas Temindung. Teknik pengumpulan data dengan memakai teknik studi kepustakaan, penelitian lapangan serta penelitian dokumen. Teknik analisis data model interaktif. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya, pelayanan kesehatan Puskesmas Temindung dalam penanganan pasien demam berdarah di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda, dari indikator Kuratif (pengobatan) Puskesmas memiliki prosedur dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam penanganan Demam Berdarah, karena tujuan Puskesmas ada atau untuk mencegah masyarakat terkena penyakit, tetapi yang terjadi dilapangan adalah menangani pasien yang sakit. Promotif (peningkatan kesehatan) Puskesmas tidak bisa maksimal dikarenakan banyaknya masyarakat yang datang berobat dari berbagai wilayah yang tercakup dalam Kecamatan Sungai Pinang. Faktor penghambatnya adalah Sumber Daya Manusia di Puskesmas masih terbatas, belum ada sistem koordinasi yang kurang baik antar petugas kesehatan, jenis pelayanan dibatasi dan tidak ditanggung oleh kesehatan gratis BPJS, masih terbatasnya anggaran dan fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas, dan kurangnya petugasnya dalam penanganan pasien Demam Berdarah yang dilakukan melalui pelayanan kesehatan Puskesmas Temindung.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Penanganan Demam Berdarah
  • NIM: 1602015096
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, M.Si. dan Dr. Santi Rande, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Gustian (07-30-24-08-01-10).pdf (566 kB)

Print Friendly, PDF & Email