eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Penggunaan Aplikasi-Elektronik Bikin Urusan Enak dan Nyaman (e-BUEN) pada Disdukcapil Kabupaten Paser (Marlinda Eka Sulistia)

Submitted by: ,
On: Jul 17, 2024 @ 2:07 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Penggunaan Aplikasi-Elektronik Bikin Urusan Enak dan Nyaman (e-BUEN) pada Disdukcapil Kabupaten Paser
  • Pengarang (nama mhs): Marlinda Eka Sulistia
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penggunaan aplikasi Elektronik-Bikin Urusan Enak dan Nyaman (e-BUEN) adalah pemanfaatan sebuah perangkat yang menggabungkan beberapa layanan Administrasi Kependudukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang dapat diakses dimana saja dan kapanpun dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi e-BUEN pada Disdukcapil Kabupaten Paser dan mengidentifikasi faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan key informan yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan informannya yaitu Administrator Database dan masyarakat Kabupaten Paser yang menggunakan aplikasi e-BUEN. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi e-BUEN berjalan cukup baik namun belum maksimal. Pada elemen support (dukungan) tersepakatinya kerangka electronic government yang jelas dari peraturan pemerintah pusat hingga peraturan daerah, namun sosialisasi mengenai aplikasi e-BUEN hanya dilakukan saat aplikasi tersebut launching dan tidak ada promosi keberlanjutan mengenai aplikasi ini. Kemudian pada elemen capacity (kemampuan) infrastruktur berupa ketersediaan sarana dan prasarana yang disediakan dalam proses pelayanan adminduk melalui aplikasi e-BUEN sudah memadai dan kesiapan Sumber Daya Manusia khususnya operator dalam pelayanan adminduk melalui aplikasi e-BUEN juga sudah memadai. Terakhir yaitu elemen value (nilai) bagi pemerintah khususnya Disdukcapil dan masyarakat yang menggunakan aplikasi adalah menciptakan kefektifan dan efisiensi dalam hal waktu, dana, dan tenaga. Faktor penghambat dalam penggunaan aplikasi e-BUEN adalah masyarakat belum memanfaatkan pelayanan online, permasalahan jaringan internet dan aplikasi e-BUEN masih mengalami error.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Electronic Government, Aplikasi e-BUEN, Pelayanan Publik
  • NIM: 1902016057
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 222. Hlmn Persetujuan Jurnal Marlinda Eka 2019_signed (07-17-24-02-07-41).pdf (384 kB)

Print Friendly, PDF & Email