eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana di Kelurahan Karang Asam Ilir Kota Samarinda (Ullia Nadar Sari)

Submitted by: ,
On: Apr 30, 2024 @ 2:28 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana di Kelurahan Karang Asam Ilir Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Ullia Nadar Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis kualitas pelayanan yang ada di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Karang Asam Ilir Kota Samarinda dan menganalisis apa saja faktor penghambat dari pelayanan yang ada di Perumdam Tirta Kencana Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif, serta menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Sumber data didapatkan melalui observasi lapangan, wawancara, serta dokumen dan dokumentasi kemudian data tersebut diolah melalui teknik analisis data model interaktif. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana, dengan menggunakan 5 indikator dan dimensi pokok seperti: 1) Bukti Fisik (Tangible) masih kurang baik; 2) Tanggap (Responsiveness) sudah baik; 3) Dapat diandalkan (Realiable) sudah baik; 4) Kepastian/Jaminan (Assurance) sudah baik; 5) Empati (Empathy) cukup baik, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan pelanggan yang diberikan oleh Perumdam Tirta Kencana Samarinda kepada Masyarakat Kelurahan Karang Asam Ilir sudah cukup baik. Adapun faktor penghambat dalam pelayanan air bersih dapat terjadi akibat: 1) Miskomunikasi dari pelanggan dan pegawai; 2) Sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti kurangnya jaringan perpipaan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Perumdam, Air bersih
  • NIM: 1902016006
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Kus Indarto, M.AP.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ullia Nadar Sari (04-30-24-02-28-55).doc (141 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 203. Hlmn Persetujuan Jurnal Ullia Nadar Sari 2019_signed (04-30-24-02-28-55).pdf (608 kB)

Print Friendly, PDF & Email