Faktor Penghambat Efektivitas Melalui E-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda (Erdin Nabila)
Submitted by: ,
On: Mar 6, 2024 @ 2:13 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Faktor Penghambat Efektivitas Melalui E-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Erdin Nabila
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran penting dalam perencanaan, pemantauan, dan pengambilan keputusan manajemen yang efektif. Pemerintah mengembangkan inovasi pelayanan publik melalui program e-Kelurahan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Pelaksanaan efektivitas pelayanan publik melalui e-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda tidak terlepas dari faktor penghambat didalamnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penghambat efektivitas pelayanan publik melalui e-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian yaitu faktor penghambat efektivitas pelayanan publik melalui e-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda dengan sub fokus infrastruktur, tanda tangan belum digital dan kurangnya sosialisasi. Sumber data yang digunakan primer. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat efektivitas pelayanan publik melalui e-Kelurahan di Kelurahan Lok Bahu Kota Samarinda belum efektif dalam penerapannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu dari segi infrastruktur, sistem atau data base yang belum diperbaharui sehingga adanya ketidaksinkronan data pada web base e-Kelurahan dengan data Disdukcapil. Dari segi tanda tangan belum digital, ketidaktersediaan pejabat berwenang untuk melakukan tanda tangan konvensional dalam penerbitan surat berdampak pada penundaan penyelesaian pelayanan sesuai waktu yang telah ditetapkan. Dari segi kurangnya sosialisasi, keterlambatan dalam proses penerbitan surat melalui web base e-Kelurahan masih sering terjadi akibat minimnya sosialisasi yang ditujukan secara khusus kepada masyarakat.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Efektivitas e-Kelurahan, Pelayanan Kelurahan, Faktor Penghambat efektivitas pela
- NIM: 1902016018
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Si.
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 12
- Nomor: 2
- Tahun: 2024
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Erdin Nabila (03-06-24-02-13-06).docx (52 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 185. Hlmn Persetujuan Jurnal Erdin Nabila 2019_signed (03-06-24-02-13-06).pdf (587 kB)