eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Faktor Penghambat Program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu. (Eka Ruspita Sari)

Submitted by: ,
On: Jan 3, 2024 @ 9:09 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Faktor Penghambat Program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu.
  • Pengarang (nama mhs): Eka Ruspita Sari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Demi terselenggaranya layanan perpajakan terutama dibidang konsultasi perpajakan ditengah perkembangan globalisasi dan Covid-19, Direktorat Jendral Pajak harus melaksanakan inovasi sektor publik yang tidak terlepas dari tantangan atau faktor penghambat didalamnya. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeindentifikasi faktor penghambat dari program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yang digunakan adalah model interaktif, yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini terdapat dua faktor yang menjadi penghambat layanan Konsultasi Perpajakan Online (KOPi), yakni faktor penghambat internal merupakan faktor yang berasal dari dalam Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda Ulu itu sendiri dimana kemampuan dan ketersediaan petugas maupun instansi dalam memberikan layanan kepada masyarakat itu sendiri, dimana dalam proses layanan tersebut menggunakan aplikasi WhatApp yang memiliki hambatan hanya bisa melayani satu Wajib Pajak dalam satu akun WhatApp karena akun tersebut hanya bisa login di satu komputer petugas pajak. Kemudian faktor penghambat secara eksternal merupakan faktor yang berasal dari masyarakat umum atau Wajib Pajak yang telah terdaftar pada KPP Pratama Samarinda Ulu, terdapat beberapa hambatan yakni masyarakat umum yang belum bisa memahami bagaimana cara melakukan konsultasi pada KPP Pratama Samarinda Ulu yang berbasis online, serta kendala pada Wajib Pajak yang bertempat tinggal dengan minim akses internet. Peningkatan aplikasi WhatApp serta sosialisasi harus dilakukan secara konsisten dalam menyebarluaskan program inovasi KOPi KPP Pratama Samarinda Ulu agar menyetuh semua kalangan masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Konsultasi Perpajakan, Layanan Perpajakan, Perpajakan Online
  • NIM: 1802015058
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Eka Ruspita Sari (01-03-24-09-09-54).doc (268 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 163. Hlmn Persetujuan Jurnal Eka Ruspita Sari 2018_signed (01-03-24-09-09-54).pdf (526 kB)