eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda (Muhammad Rahul)

Slot Wjo777

  • Submitted by: ,
    On: Sep 13, 2023 @ 10:02 AM
    IP: 103.187.88.26

      • Judul artikel eJournal: Kualitas Pelayanan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
      • Pengarang (nama mhs): Muhammad Rahul

    Rtp Slot Wjo777

    • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kualitas pelayanan sangat erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan memungkinkan pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan institusi/perusahaan dalam jangka Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada masyarakat pengguna layanan di Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yang terdiri dari exceed expectation (memenuhi harapan), recovery (pemulihan), improve (perbaikan), dan care (perhatian), serta faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Sebagian besar sudah berjalan dengan cukup baik, pihak Puskesmas Sidomulyo sudah berupaya memahami keinginan pasien, melakukan pemulihan, melakukan perbaikan dan memberikan perhatian kepada setiap pasien, namun berkaitan dengan upaya yang dilakukan Puskesmas Sidomulyo juga harus tetap meningkatkan berbagai upaya agar sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sulitnya berkoordinasi dengan dinas terkait dan kurangnya partisipasi Masyarakat pada kegiatan Puskesmas Sidomulyo merupakan salah satu yang menjadi faktor penghambat dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sidomulyo akan tetapi sumber daya manusia di Puskesmas Sidomulyo yang jumlahnya banyak dan berpendidikan merupakan salah satu hal yang menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Ilir Kota Samarinda.
    • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Puskesmas
    • NIM: 1902016035
    • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
    • Program Studi: Administrasi Publik
    • Sumber tulisan: Skripsi
    • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
    • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
    • Volume: 11
    • Nomor: 4
    • Tahun: 2023
    • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Muhammad Rahul (09-13-23-10-02-32).doc (218 kB)
    • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 130. Hlmn Persetujuan Jurnal Muhammad Rahul 2019_signed (09-13-23-10-02-32).pdf (657 kB)

    WJO777


Print Friendly, PDF & Email