Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Korlantas Polri Pada Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) di Kota Samarinda (Hervinne F. Ranipramesthi)
Submitted by: ,
On: Aug 17, 2023 @ 1:55 AM
IP: 103.187.88.26
- Judul artikel eJournal: Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Korlantas Polri Pada Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) di Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Hervinne F. Ranipramesthi
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Korlantas Polri Pada Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR) di Kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang ditemui dalam layanan SINAR di Kota Samarinda, dengan menggunakan teori implementasi kebijakan menurut Jones yang meliputi organisasi, interpretasi dan aplikasi. Penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen kualitatif dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Penetapan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan SINAR di Kota Samarinda dapat dilihat pada sisi organisasi, yaitu telah memiliki struktur birokrasi yang tertata dengan sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi teknis dan perlengkapan yang memadai. Sedangkan sisi interpretasi menjelaskan bahwa sosialisasi telah dilaksanakan dan dalam pelaksanaannya telah sesuai dengan ketentuan peraturan serta standardisasi dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis. Dan pada sisi aplikasi, yaitu prosedur kerja sehubungan dengan kegiatan petugas yang telah ditetapkan sesuai tugas pokok dan fungsi petugas, program kerja serta kesesuaian jadwal dalam layanan SINAR di Kota Samarinda. Dalam implementasinya, faktor pendukung yang paling utama adalah petugas. Sedangkan hambatan pada layanan SINAR berkaitan dengan kendala yang ditemui pemohon yaitu jaringan internet yang tidak stabil serta hambatan yang dihadapi oleh petugas yaitu faktor cuaca dan keterbatasan tempat diadakannya sosialisasi.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): aplikasi digital, pelayanan publik, digitalisasi dalam pelayanan
- NIM: 1802015004
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2018
- Program Studi: Administrasi Publik
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Kus Indarto, M.AP
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
- Volume: 11
- Nomor: 3
- Tahun: 2023
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Hervinne F. Ranipramesthi (08-17-23-01-55-11).doc (160 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 113. Hlmn Persetujuan Jurnal Hervinne F. Ranipramesthi 2018_signed (08-17-23-01-55-11).pdf (580 kB)