eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DAN NON BPJS DI UPT. PUSKESMAS KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT (Muslik)

Submitted by: ,
On: Dec 16, 2020 @ 6:33 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA BPJS DAN NON BPJS DI UPT. PUSKESMAS KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT
  • Pengarang (nama mhs): Muslik
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS yang diberikan oleh petugas kesehatan di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, serta untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian untuk kualitas pelayanan kesehatan meliputi: kompetensi teknik, keterjangkauan atau akses layanan kesehatan, keamanan, kenyamanan, informasi dan ketepatan waktu, dan faktor penghambat pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat secara umum masih kurang baik, yang dikarenakan masih terdapat sejumlah penghambat dan adanya perbedaan pemberian pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS. Faktor penghambat kualitas pelayanan di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, antara lain kurangnya jumlah tenaga kesehatan, masih rendahnya kedisiplinan petugas pelayanan terhadap jam dinas, serta masih terbatasnya ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama (primer).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, BPJS, Non BPJS, Puskesmas
  • NIM: 1402015063
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si dan Dr. Santi Rande, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-JOURNAL Muslik (12-16-20-06-33-02).docx (48 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-JOURNAL Muslik (12-16-20-06-33-02).pdf (216 kB)

Print Friendly, PDF & Email