eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Hubungan Antara Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda (Isabella)

Submitted by: ,
On: Aug 2, 2020 @ 11:07 PM
IP: 114.125.200.80

  • Judul artikel eJournal: Hubungan Antara Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Isabella
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara budaya organisasi dengan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Untuk mengukur seberapa kuat hubungan antara budaya organsasi dengan kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Metode penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif asosiatif penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan kausal sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Definisi operasional meliputi variabel independen atau budaya organisasi dan variabel dependen atau kualitas pelayanan publik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang berjumlah 20 orang dan juga 5 orang Pegawai Negeri Sipil dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda sebagai responden, sehingga sampel yang digunakan berjumlah 25 orang dengan menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Alat pengukur data yang digunakan ialah skala likert. Analisis data yang digunakan adalah koefisien Korelasi Product Moment. Kesimpulan berdasarkan dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa terdapat tingkat hubungan yang kuat antara budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang ditunjukan oleh nilai Koefisien korelasi (r) sebesar 0,613. Kemudian besar hubungan budaya organisasi dan kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang dilihat dari hasil uji determinasi adalah sebesar 37,57%. Artinya sebanyak 37,57% kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sungai Kunjang dipengaruhi oleh budaya organisasi dan 62,43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak penulis teliti.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Publik, Kantor Kecamatan, Kota Samarinda.
  • NIM: 1302015081
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si, Tri Susilowati, S.Sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Ganjil (08-02-20-11-07-51).doc (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Ganjil (08-02-20-11-07-51).pdf (825 kB)