eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STANDAR PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan Kartu Keluarga di Kecamatan Samarinda Seberang) (Al Fajri)

Submitted by: ,
On: Mar 9, 2020 @ 3:52 AM
IP: 125.160.64.117

  • Judul artikel eJournal: STANDAR PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan Kartu Keluarga di Kecamatan Samarinda Seberang)
  • Pengarang (nama mhs): Al Fajri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemenuhan standar pelayanan publik dalam kartu keluarga di Kecamatan Samarinda Seberang disertai dengan faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini berdasarkan pada sub fokus yang telah ditentukan yaitu Persyaratan, Sistem mekanisme dan prosedur, Jangka waktu penyelesaian, Sarana prasarana dan/atau fasilitas, Kompetensi Pelaksana, Jumlah Pelaksana serta faktor pendukung dan penghambat pelayanan kartu keluarga. Key informan pada penelitian ini yaitu Camat/Sekretaris Camat dan informan peneliti yakni pegawai Kecamatan Samarinda Seberang dan masyarakat Kecamatan Samarinda Seberang melalui metode purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dalam memenuhi persyaratan yang dimana masyarakat dapat dengan mudah mengetahui infomasi mengenai persyaratan mengurus kartu keluarga dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sistem, mekanisme dan prosedur pelayanan kartu keluarga berjalan dengan baik namun masih belum optimal dikarenakan masih terdapat prosedur pelayanan yang begitu melelahkan,setelah selesainya proses pencetakan kartu keluarga, jarak yang ditempuh cukup jauh dari Kecamatan menuju Disdukcapil hanya untuk mendapatkan tandatangan dari ketua Disdukcapil. Jangka waktu penyelesaian pada pelayanan kartu keluarga sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Masyarakat dengan antusias mengatakan bahwa pelayanannya sudah tepat waktu. Terkait sarana dan prasana yang tercukupi di Kecamatan Samarinda Seberang, ternyata ada beberapa masyarakat yang menginginkan penambahan lagi untuk sarana dan prasarana seperti tersedianya nomor antrian agar berkas yang ditumpuk tidak tercecer dan juga tambahan kipas angin di ruang tunggu karena saat siang hari suhu di dalam ruangan terasa panas. Kompetensi Pelaksana yang menangani kartu keluarga sudah mempunyai kompetensi sesuai dengan bidang dan perannya dalam pelaksanaan pemberian layanan kepada masyarakat. Namun penilaian dari masyarakat yang mengungkapkan bahwa mereka jarang terlihat tersenyum saat mulai menyapa. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pelaksana masih belum maksimal dikarenakan kurangnya perhatian para pegawai untuk masyarakat. Jumlah pelaksana yang menangani kartu keluarga, dinilai mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal adminstrasi kependudukan, hal ini juga ditegaskan oleh masyarakat yang mengungkapkan bahwa tidak perlu ada tambahan pegawai lagi, karena dari yang diperhatikan proses penyelesaian pelayanan Kartu Keluarga tidak memakan waktu yang banyak dan terlihat lancar.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Standar Pelayanan Publik, Kartu Keluarga
  • NIM: 1302015116
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): New_e-Journal (03-09-20-03-52-54).doc (101 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): New_e-Journal (03-09-20-03-52-54).pdf (342 kB)

Print Friendly, PDF & Email