eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KOTA SAMARINDA (Irmaya Rinda Puspita)

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2020 @ 5:17 AM
IP: 125.160.65.226

  • Judul artikel eJournal: PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Irmaya Rinda Puspita
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dalam meningkatkan kualitas guru sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang memaparkan dan bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan dari variabel yang diteliti sesuai dengan fokus penelitian meliputi kualifikasi guru, sertifikasi guru dan kompetensi pendidikan dan pelatihan serta kendala yang dihadapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dalam meningkatkan kualitas guru sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan accsidental sampling kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam dan penelitian dokumen. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan Informan lainnya adalah kepala bidang dan staf pembinaan SMK di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur sangat berperan dalam meningkatkan kualitas guru SMK di Kota Samarinda. Melalui berbagai program dari peningkatkan kualifikasi melalui pendidikan profesi, sertifikasi, program-program penunjang dari Teaching Clinic, KKG, MGMP, MKKS workshop dan seminar. Hal tersebut tidak luput dari kendala yang dihadapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan kualitas guru SMK, adapun kendala yang dihadapi adalah masih adanya guru yang belum terkaulifikasi karena sudah mendekati masa pensiun, lalu biaya yang terbatas dalam melaksanakan sertifikasi guru, lalu kendala pada guru yang tidak serius dalam melaksanakan program-program yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran, Kualitas, Guru, Dinas Pendidikan
  • NIM: 1202015077
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si dan Drs. EndangErawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (02-27-20-05-17-06).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (02-27-20-05-17-06).pdf (211 kB)