STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA (Enggar Nilova)
Submitted by: ,
On: Jul 25, 2019 @ 5:16 AM
IP: 110.139.161.102
- Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PELAYANAN PRIMA DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN PALARAN KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Enggar Nilova
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Enggar Nilova, Studi Tentang Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Bimbingan Bapak Dr. H Syahrani. M.Siselaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny. M.Si selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelayanan prima dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kecamatan Palaran Kota Samarinda dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat pelayanan prima dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah termasuk deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Pinsip Pelayanan Publik, meliputi: a. Kesederhanaan Prosedur; b. Ketepatan Waktu; c. Keamanan Pelayanan; d. Keterbukaan Pelayanan; e. Efsiensi; d. Keadilan Pelayanan. 2. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan pelayanan yang meliputi Faktor penghambat Pelayanan Prima Dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Palaran Kota Samarinda secara Prosedur tidak baik karena tidak transparannya prosedur pelayanannya, tetapi persyaratannya cukup sederhana dan cukup jelas. Waktu pembuatan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Keamanan pelayanan yang berkaitan dengan produk pelayanan berupa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) telah memiliki kekuatan hukum karena sudah disahkan oleh pejabat pemerintah. Keterbukaan pelayanan juga telah berjalan dengan baik karena segala sesuatunya diinformasikan terbuka kepada masyarakat. Efesiensi pelayanan sudah berjalan dengan baik. Keadilan pelayanan berjalan dengan baik dikarenakan pelayanan diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang derajat para pemohon. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan seperti sering terjadi gangguan terutama koneksi internet dan terjadinya pemadaman listrik.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Pelayanan Prima, Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)
- NIM: 1302015073
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
- Volume: 7
- Nomor: 2
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal ENGGAR (07-25-19-05-16-05).doc (98 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal ENGGAR (07-25-19-05-16-05).pdf (239 kB)