STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA (Selly Prameswari Ahlan)
Submitted by: ,
On: Jan 10, 2019 @ 5:47 AM
IP: 36.82.185.208
- Judul artikel eJournal: STANDAR PELAYANAN PEMBUATAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): Selly Prameswari Ahlan
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Standar Pelayanan Pembuatan KTP dalam Pelayanan di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, dan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan kendala-kendala apa saja yang di hadapi dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini terdapat beberapa penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan pasal 4 UU No 25 tahun 2009 yaitu Kepastian dan Kesederhanaan Prosedur Pelayanan, Ketepatan Waktu Pelayanan, Keramahan Petugas serta Ketersediaan Fasilitas dalam Pelayanan Pembuatan KTP. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan serta mendeskripsikan bagaimana Standar Pelayanan Pembuatan KTP dalam proses Pelayanan Publik yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Adapun Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman (dalam Sugiyono) tahun (2013: 337), dimanan analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan sumber-sumber data sekunder lainnya serta melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer melalui wawancara yang mendalam (interview indeep). Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa Standar Pelayanan Pembuatan KTP Di Kantor Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda khususnya yang berhubungan dengan pembuatan KTP masih terdapat beberapa kendala. Hal tersebut terjadi karena masih kurang nya sosialisasi Pemerintah Kecamatan terhadap masyarakat setempat dalam hal Pembuatan KTP mengakibatkan minim nya pengetahuan masyarakat dalam hal mengurus KTP, dan dalam pelakasanaannya juga sering kali terjadi keterlambatan waktu penyelesaian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan dalam Prosedur pelayanan pembuatan KTP pihak Kecamatan telah melakukan sesuai SOP dan telah dilaksanakan secara baik dan berjalan lancar.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Standar Pelayanan Pembuatan KTP, Pelayanan Publik.
- NIM: 1302015227
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. Adri Patton, M.Si dan Dr.Bambang Irawan, S.Sos., M.Si
- Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
- Volume: 6
- Nomor: 4
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal FIX (01-10-19-05-47-38).doc (133 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal FIX (01-10-19-05-47-38).pdf (236 kB)