eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PERANAN UNIT PELAKSANA–BADAN PENGELOLA HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN (UP-BPHLSW) DAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANGGAR DALAM PERLINDUNGAN HUTAN DI HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN KOTA BALIKPAPAN (Norlaila Dwi Utami)

Submitted by: ,
On: Jun 14, 2017 @ 5:41 AM
IP: 180.248.118.168

  • Judul artikel eJournal: PERANAN UNIT PELAKSANA–BADAN PENGELOLA HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN (UP-BPHLSW) DAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) MANGGAR DALAM PERLINDUNGAN HUTAN DI HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN KOTA BALIKPAPAN
  • Pengarang (nama mhs): Norlaila Dwi Utami
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Norlaila Dwi Utami, Peranan Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (UP-BPHLSW) dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar Kota Balikpapan, di bawah bimbingan Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan dan menganalisis bagaimana peranan Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (UP-BPHLSW) dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar dalam Perlindungan Hutan di Hutan Lindung Sungai Wain Kota Balikpapan. Adapun indikator-indikator yang menjadi fokus penelitian ini adalah peranan Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (UP-BPHLSW) dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar Kota Balikpapan dalam rangka mewujudkan program Patroli rutin secara tetap, Rehabilitasi hutan dan lahan, Pengawasan dengan patroli keamanan hutan dan lahan, Pembinaan kegiatan pengamanan Swakarsa (PAM Swakarsa) Masayarakat HLSW. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data model interaktif yang diawali dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh melalui pengamatan langsung ke lokasi penelitian dan mengadakan wawancara dengan responden yang didasarkan pada daftar. Sumber data dalam penelitian ini adalah Direktur Utama Eksekutif Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain Kota Balikpapan, Koordinator Kepala Devisi, dan serta pihak-pihak lain yang terkait di dalamnya. Dari hasil penelitian dan data-data yang diolah serta dianalisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain dan DAS Manggar Kota Balikpapan terlah berupaya mewujudkan progam perlindungan hutan meliputi patroli rutin secara tetap, rehabilitasi hutan dan lahan, pengawasan dengan patroli keamanan hutan dan lahan, pembinaan kegiatan pengamanan Swakarsa (PAM Swakarsa) Masyarakat HLSW. Secara garis besar peranan Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain dan DAS Manggar dalam perlindungan hutan di Hutan Lindung Sungai Wain Kota Balikpapan sudah berjalan baik, meskipun masih mengalami kendala baik teknis maupun non teknis, akan tetapi diharapkan Unit Pelaksana Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain dan DAS Manggar Kota Balikpapan dapat bekerja lebih optimal lagi.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): : peranan, perlindungan hutan, UP-BPHLSW dan DAS Manggar, Kota Balikpapan
  • NIM: 1202015056
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono, M. Si Dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL fix (06-14-17-05-41-15).docx (37 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL fix (06-14-17-05-41-15).pdf (187 kB)

Print Friendly, PDF & Email