eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Muliani S.)

Submitted by: ,
On: Jun 14, 2017 @ 4:58 AM
IP: 180.248.118.168

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Muliani S.
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): “Studi Tentang Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda”. Pembimbing I Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Pembimbing II Dr. Bambang Irawan, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda serta untuk mendeskripsikan masalah yang menjadi penghambat kualitas pelayanan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. رياضة يورو 2024 Lokasi penelitian dilaksanakan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. granada vs real madrid Fokus Penelitian antara lain: keandalan, responsif, keyakinan, empati dan berwujud. بث مباشر بى اوت كيو Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara mendalam dengan keyinformannya adalah Kepala Tata Usaha Puskesmas Sempaja dan informannya adalah beberapa staf dan dokter yang ada disetiap Poli pelayanan, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda sudah berusaha memberikan pelayanan yang baik. Hal ini dilihat dari tenaga kesehatan yang berkompeten, pelaksanaan prosedur pelayanan yang cepat dan tidak berbelit-belit, cepat tanggapnya setiap petugas pelayanan kesehatan terhadap sakit yang dikeluhkan pasien, dan adanya perhatian langsung yang diberikan setiap petugas pada setiap pasien yang berkunjung, serta fasilitas kesehatan yang cukup lengkap dalam proses pelayanan sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Namun demikian, terdapat kelemahan yakni terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti fasilitas ruang tunggu yang kurang baik dan penataan kursi ruang tunggu yang kurang nyaman dirasakan pasien yang berada di ruang tunggu. Selain itu, kurangnya kesadaran dari petugas pelayanan dalam menerapkan pentingnya 3S(senyum salam dan sapa) dalam melayanani setiap petugas pelayanan yang berkunjung di Puskesmas Sempaja.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan, Puskesmas Sempaja.
  • NIM: 1002015044
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono, M. Si dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL fix (06-14-17-04-58-27).docx (39 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL fix (06-14-17-04-58-27).pdf (149 kB)

Print Friendly, PDF & Email