eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDY TENTANG PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) RUMAH TINGGAL PADA KANTOR DINAS TATA KOTA DAN PERUMAHAN KOTA BALIKPAPAN (Tiara Oktavia)

Submitted by: ,
On: Nov 14, 2016 @ 8:03 AM
IP: 180.248.251.189

  • Judul artikel eJournal: STUDY TENTANG PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) RUMAH TINGGAL PADA KANTOR DINAS TATA KOTA DAN PERUMAHAN KOTA BALIKPAPAN
  • Pengarang (nama mhs): Tiara Oktavia
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tiara Oktavia Jayanti, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan judul Study Tentang Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Rumah Tinggal Pada Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan, di bawah bimbingan Dr. Anthonius Margono M,Si selaku pembimbing I dan Dr. Farhanuddin Jamanie M.Si Selaku pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikan bangunan rumah di Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan dan pendukung penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat imb di Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan.
    Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah: 1. Prinsip Pelayanan Publik, meliputi : a. Kesederhanaan; b. Kepastian Waktu; c. Akurasi; d. kelengkapan sarana dan prasarana; e. kedisiplinan, kesopanan, dan keramahan. 2 fakor penghambat dan pendukung penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikn bangunan di Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Balikpapan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Penyelenggaraan pelayanan pembuatan surat izin mendirikan bangunan di kantor dinas tata kota dan perumahan kota Balikpapan secara prosedur belum sederhana Karena alur pelayanan yang masih panjang. Waktu pembuatan surat izin mendirikan bangunan (IMB) juga tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Sarana dan prasarana yang ada juga kurang menunjang pemberian pelayanan pada masyarakat. Kedisiplinan, kesopanan dan keramahan sudah bagus, hanya saja kurangnya sikap ramah dan belum antusias serta kurang berinisiatif dalam memberikan pelayanan. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam bekerja penuh dengan ketelitian dan faktor penghambat meliputi kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang menunjang penyelenggaran pelayanan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pelayanan Publik, Dinas Tata Kota dan Perumahan
  • NIM: 1202015035
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Pembimbing 1, Dr. Anthonius Margono, M.Si Pembimbing 2, Dr. Farhanuddin Jamanie, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL TIARA OKTAVIA JAYANTI (11-14-16-08-03-11).doc (77 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL TIARA OKTAVIA JAYANTI (11-14-16-08-03-11).pdf (137 kB)

Print Friendly, PDF & Email