eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LINGGANG BIGUNG KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT (RATNA MELIANA)

Submitted by: ,
On: Nov 11, 2016 @ 6:24 AM
IP: 125.162.115.63

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS LINGGANG BIGUNG KECAMATAN LINGGANG BIGUNG KABUPATEN KUTAI BARAT
  • Pengarang (nama mhs): RATNA MELIANA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ratna Meliana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Linggang Bigung Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Linggang Bigung Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelayanan masyarakat di Puskesmas Linggang Bigung Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat berdasarkan pendapat dari masyarakat selaku pasien mengatakan bahwa, prosedur pelayanan dari pendaftaran untuk daftar tetap penerimaan pendaftaran pasien menjadi lama, dikarenakan pendaftaran diri terlebih dahulu sebelum mendapatkan pelayanan medis maupun penunjang medis, hal ini disebabkan dari pasien yang lupa atau tidak membawa kartu Puskesmas. Puskesmas memiliki SDM yang memadai dari segi tingkat pemahamannya dan keahlian.
    Kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan untuk Puskesmas Linggang Bigung cukup baik. Yang menjadi faktor penghambat masih kekurangan pegawai, fasilitas kesehatan dan obat-obatan, bangunan rawat inap yang belum mencukupi, kondisi bangunan yang belum memadai, Faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana dan fasilitasnya sudah baik, adanya program kesehatan gratis, kondisi gedung selalu bersih, kemauan para tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat dengan baik, adanya dukungan dari Dinas Kesehatan untuk memberikan kesempatan tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan dalam menunjang suatu pelayanan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan dan Kesehatan Masyarakat.
  • NIM: 1102015181
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Syahrani, M.Si Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (11-11-16-06-24-26).doc (101 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (11-11-16-06-24-26).pdf (604 kB)