eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN PDAM DALAM PENYALURAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (VICKY ERVANI PRADITA SUBANDI)

Submitted by: ,
On: Sep 27, 2016 @ 4:10 AM
IP: 180.248.252.245

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN PDAM DALAM PENYALURAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SAMBOJA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): VICKY ERVANI PRADITA SUBANDI
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Vicky Ervani Pradita Subandi, Kualitas Pelayanan PDAM Dalam Penyaluran Air Bersih Di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah bimbingan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Bapak Drs. H. Hamdan, M.Si.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan PDAM dalam penyaluran air bersih di Samboja dilihat dari bukti fisik, kualitas pelayanan dan kualitas air dalam menyaluran air bersih bagian langganan PDAM dari perawatan rutin dan tetap berada dalam kondisi sarana prasarana yang layak digunakan dan terawat.
    Ditinjau dari kehandalan, para petugas PDAM yang berhubungan langsung dengan pelanggan, diupayakan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kecakapan yang dapat diandalkan sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing serta pelayanan yang diberikan harus memberikan kualitas yang baik kepada pelanggan. Dilihat dari ketanggapan, seluruh pegawai PDAM menanggapi keluhan pelanggan secara urut, PDAM menerapkan sistem one day service. Dilihat dari jaminan, tolak ukur PDAM mengenai jaminan pegawai, dari kesopanan seluruh pegawai terhadap pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat. Dilihat dari empati, seluruh pegawai memiliki empati yang baik dalam memberikan pelayanan. Faktor penghambat dari tidak tersedianya anggaran dana untuk menambah dan perbaikan fasilitas yang rusak dan kedisiplinan pegawai. Jaringan internet terkadang mengalami gangguan, SDM teknisi masih kurang, tidak ada WC dan informasi PDAM terhadap saluran air yang akan dimatikan.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, Pelayanan PDAM, Penyaluran Air Bersih
  • NIM: 1002015206
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, M.Si Drs. H. Hamdan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (09-27-16-04-10-33).doc (136 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (09-27-16-04-10-33).pdf (189 kB)