eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG RESPONSIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANG ASAM KOTA SAMARINDA (Astri Novita Azis)

Submitted by: ,
On: Sep 9, 2016 @ 6:00 AM
IP: 180.248.66.160

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG RESPONSIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANG ASAM KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Astri Novita Azis
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata):

    Astri Novita Azis, Studi Tentang Responsivitas Pelayanan Kesahatan di Puskesmas Karang Asam Kota Samarinda, dibawah bimbingan bapak Dr. Enos Paselle, M.AP dan bapak Dr. Chatas Teguh Prakoso, M.Si. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan diwujudkan dengan adanya puskesmas berstandar ISO 9001:2008. Salah satunya adalah puskesmas Karang Asam. أفضل أنواع الكوتشينة في مصر Namun dalam proses pemberian pelayanan yang dilakukan, masih terdapat beberapa permasalahan yaitu adanya keluhan pasien terhadap lamanya waktu tunggu pelayanan, serta terbatasnya jumlah petugas pelayanan di puskesmas Karang Asam. Oleh karena itu, diperlukan responsivitas pelayanan kesehatan, karena responsivitas merupakan bukti kemampuan organisasi untuk mengenali kebutuhan masyarakat.. بت واي
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas berstandar ISO 9001:2008 (studi tentang responsivitas elayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam, Kota Samarinda). ألعاب كازينو Penelitian ini memfokuskan pada 6 indikator yaitu petugas merespon setiap pelanggan, petugas melakukan pelayanan dengan cepat, petugas melakuka pelayanan dengan cermat, petugas melakukan pelayanan dengan tepat waktu dan petugas merespon semua keluhan pelangga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam sudah cukup baik, walaupun masih ada beberapa hambatan yang harus dibenahi. Saran yang dapat diberikan demi peningkatan responsivitas pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam, yaitu perlu dibentuk tim yang bertugas untuk mengkomunikasikan kepada pasien atau melakukan sosialisasi apabila terdapat kebijakan pemerintah yang baru, dengan jumlah petugas yang terbatas maka perlu untuk memperhitungkan beban kerja petugas puskesmas sehingga tidak menganggu proses pemberian pelayanan kesehatan di puskesmas Karang Asam.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Responsivitas, Puskesmas Karang Asam, Pelayanan Kesehatan.
  • NIM: 1202015234
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle M.AP Dr. Cathas Teguh Prakoso M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnalku (09-09-16-06-00-25).doc (95 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnalku (09-09-16-06-00-25).pdf (123 kB)