eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

MEKANISME PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (BPPTSP) KOTA SAMARINDA (Rony Afrian Lesmana )

Submitted by: ,
On: Jun 22, 2016 @ 2:57 AM
IP: 110.136.89.47

  • Judul artikel eJournal: MEKANISME PELAYANAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP) PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (BPPTSP) KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Rony Afrian Lesmana
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Fokus penelitian yang ditetapkan : pengajuan permohonaan pelayanan SIUP, penanganan pelayanan SIUP, transparansi pelayanan SIUP, penyampaian hasil pelayanan SIUP, ketepatan waktu pelayanan SIUP, pengaduan pelayanan SIUP, faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda, yaitu pengajuan permohonan pelayanan SIUP berdasarkan prosedur pelayanan, penanganan pelayanan SIUP dengan menindak lanjuti dan menangani permohonan pelayanan, transparansi pelayanan SIUP berdasarkan pempublikasian pelayanan, penyampaian hasil pelayanan SIUP berdasarkan penyampaian hasil pelayanan secara langsung maupun tidak langsung, ketepatan waktu pelayanan SIUP berdasarkan SOP pelayanan, pengaduan pelayanan SIUP berdasarkan tata cara pengaduan pelayanan SIUP. Faktor pendukung mekanisme pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda yaitu adanya dasar hukum yang jelas dan sah serta sarana dan prasarana yang memadai, adanya kesiapan dari pegawai, letak kantor yang berada ditengah kota dan faktor penghambatnya yaitu tidak akuratnya data yang diberikan pemohon kepada pihak BPPTSP, masih banyaknya masyarakat yang belum menyadari pentingnya SIUP, faktor dari manusianya itu sendiri yang menghambat didalam pelaksanaan pembuatan SIUP.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan SIUP, BPPTSP Kota Samarinda
  • NIM: 0902015048
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Djumadi, M.Si & Drs. Endang Erawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Rony (06-22-16-02-57-35).doc (118 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Rony (06-22-16-02-57-35).pdf (69 kB)

Print Friendly, PDF & Email