eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KOTA BONTANG (Desyana Eka Lestari)

Submitted by: eka lestari, Desyana
On: Mar 31, 2016 @ 6:37 AM
IP: 36.82.227.60

  • Judul artikel eJournal: PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KOTA BONTANG
  • Pengarang (nama mhs): Desyana Eka Lestari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Desyana Eka Lestari, Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bontang. Bimbingan bapak Dr. Anthonius Margono, M.Si sebagai pembimbing I, dan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si. sebagai Pembimbing II.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan administrasi kependudukan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bontang serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya.
    Fokus penelitian ini yaitu Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil dan Pengelolaan Informasi Kependudukan. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui teknik Purposive Sampling dan teknik Accidental Sampling dengan Key Informan yaitu Kepala Bidang Informasi dan Penyuluhan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang dan informan yaitu Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Kasi Program dan Penyuluhan, Pengelola Database Kependudukan, dan Pelaksana Administrasi Pelayanan, serta masyarakat yang telah dan sedang berurusan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang. Data Sekunder diperoleh melalui Undang-undang serta dokumen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Model Interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014:33).
    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan pada kantor Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Dokumen kependudukan dapat terselesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan standar pelayanan minimal yang berlaku, mayarakat diberikan informasi yang jelas mengenai proses pelayanan, serta senantiasa melakukan program-program baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Kemudian Faktor pendukung dalam proses pelayanan administrasi kependudukan yaitu luas kantor yang lebih luas, peggunaan AC dalam ruang pelayanan serta penggunaan nomor antrian. Sedangkan faktor penghambat pelayanan administrasi kependudukan adalah ruang pelayanan yang kurang memadai dari segi ukuran, ketersediaan listrik dan genset kurang memadai. Kedisiplinan pegawai, kemampuan pegawai , kesadaran masyarakat untuk melapor, serta jarak tempuh yang jauh bagi masyarakat yang tinggal dipelosok.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Administrasi Kependudukan
  • NIM: 1102015049
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Anthonius Margono, M.Si dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si.
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JOURNAL (03-31-16-06-37-24).doc (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JOURNAL (03-31-16-06-37-24).pdf (261 kB)