eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STANDAR PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN SANGKULIRAG KABUPATEN KUTAI TIMUR (Agus Jaya)

Submitted by: ,
On: Mar 31, 2016 @ 5:37 AM
IP: 125.160.40.70

  • Judul artikel eJournal: STANDAR PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN SANGKULIRAG KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • Pengarang (nama mhs): Agus Jaya
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur.
    Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan keadaan atau obyek penelitian pada masa sekarang berdasarkan faktor-faktor yang tampak atau sebagaimana adanya. Fokus penelitian ini adalah: 1. Standar Pelayanan Publik, meliputi: a. Prosedur pelayanan, b. Waktu penyelesaian, c. Biaya pelayanan d. Produk pelayanan, e. Sarana dan prasarana, f. Kompetensi petugas penberi pelayanan. 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Data yang didapat kemudian di analisa dengan melibatkan pengerjaan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi dan penyajian data sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Milles Michael Huberman dan Jonny Saldana.
    Hasil peneliitian diperoleh penulis bahwa Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur Prosedur Pelayanan sudah sederhana karena alur pelayanan yang singkat dan tidak berbelit-belit. Ketepatan waktu tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Biaya Pelayanan Tidak ada biaya apapun yang berikan oleh aparatur kecamatan. Produk pelayanan Kartu tanda Penduduk masih jauh dari harapan masyarakat karna sering adanya kesalahan. Sarana dan Prasarana yang ada belum menunjang pemberian pelayanan kepada masyarakat. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan berupa mesin generator listrik cadangan karena seringnya terjadi kerusakan pada mesin generator listrik dan juga terkadang masih saja ada masyarakat yang tidak melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam mengurus suatu keperluan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Pelayanan Publik
  • NIM: 1102015216
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, S.Sos, M.AP & Drs. MZ. Arifin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ag (03-31-16-05-37-45).doc (116 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Ag (03-31-16-05-37-45).pdf (82 kB)