MEKANISME PELAYANAN PENGURUSAN SERTIFIKAT IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN STUDI PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KOTA SAMARINDA (HANA PRATIWI )
Submitted by: ,
On: Feb 17, 2016 @ 2:58 AM
IP: 180.248.68.117
- Judul artikel eJournal: MEKANISME PELAYANAN PENGURUSAN SERTIFIKAT IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN STUDI PADA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): HANA PRATIWI
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Hana Pratiwi, 2015, Mekanisme Pelayanan Pengurusan Sertifikat Izin Mendirikan Bagunan Studi pada Badan pelayanan perizinan Terpadu satu Pintu Kota Samarinda, Bimbingan Bapak Dr. Djumadi., M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Dr. Enos Paselle., M.AP selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan pengurusan sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kota Samarinda serta kendala – kendala yang dihadapi dalam pengurusan serifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tersebutPenelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif.
Fokus penelitian ini yaitu Mekanisme Pelayanan ialah Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terlibat, Teknologi Informasi yang digunakan, dan Sumber Daya manusia yang terlibat . Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas Key Informan yaitu Kepala Bidang Pelayanan Perijinan dan Sekretaris dan Informan yaitu pegawai/staf 2 orang serta masyarakat yang telah memiliki sertifikat IMB melalui metode Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui, kepustakaan, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari Hasil Penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme pelayanan pengurusan SK IMB di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda pemahaman masyarakat mengenai mekanisme pengurusan SK IMB cukup baik walaupun belum 100% masyarakat mengetahui mekanisme pelayanan pengurusan Sertifikat Izin Medirikan bangunan. Namun masalah pelayanan sudah baik dan sesuai dengan kebijakan di Badan Pelayanan perizinan Terpadu satu Pintu Kota Samarinda , Kendala dalam pengurusan sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terbatasnya dana untuk menyelenggarakan sosialisasi,kurangnya penyediaan informasi mengenai media online/website pengurusan perizinan,hilangnya pelayanan unit mobil yang hilang, kurangnya petugas pelaksana pelayanan perizinan dan masyarakat lebih memilih penggunaan jasa calo dikarenakan pemahaman mekaisme pengurusannya kurang. - Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Mekanisme Pelayanan, Sertifikat IMB
- NIM: 1102015010
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi., M.Si & Dr. Enos Paselle,. M.AP
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 4
- Nomor: 1
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Administrasi Negara hana (02-17-16-02-58-22).docx (40 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Administrasi Negara hana (02-17-16-02-58-22).pdf (68 kB)