eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda) (Halimatussa’diah)

Submitted by: , Halimatussa’diah
On: Jan 27, 2016 @ 11:20 AM
IP: 202.67.38.30

  • Judul artikel eJournal: KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Halimatussa’diah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Halimatussa’diah, “Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda)”. Di bawah bimbingan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. M.Z. Arifin M.Si sebagai pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja pegawai dalam pelayanan publik serta menganalisis perbedaan kondisi sumberdaya internal dan kondisi sumberdaya eksternal pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Kelurahan Sempaja Utara.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian meliputi kualitas pekerjaan yang dihasilkan pegawai, kemampuan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan, kerjasama pegawai, tanggungjawab pegawai, dan kreativitas pegawai serta kondisi sumberdaya internal dan kondisi sumberdaya eksternal di wilayah Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara. Sumber data menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi atau arsip-arsip yang ada pada kedua Kelurahan.
    Berdasarkan hasil penelitian, kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara yang meliputi kualitas, kemampuan, kerjasama, tanggungjawab, dan kreativitas sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi kinerja pegawai di kedua Kelurahan tersebut dan para pegawai perlu diberikan pelatihan untuk menunjang pekerjaan mereka sehari-hari. Kondisi sumberdaya internal kedua kelurahan juga sudah cukup untuk menunjang kegiatan di kelurahan seperti latar pendidikan yang rata-rata sudah sarjana, sarana dan prasarana yang memadai, serta kondisi atau iklim kerja yang cukup baik. Kondisi sumberdaya eksternal kedua kelurahan cukup berbeda karena letaknya yang cukup berjauhan, kependudukan dan keadaan ekonomis masyarakat yang juga berbeda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik
  • NIM: 1102015212
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, M.Si & Drs. M.Z. Arifin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal diah (01-27-16-11-20-43).docx (43 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal diah (01-27-16-11-20-43).pdf (561 kB)

Print Friendly, PDF & Email