eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SEBUKU KABUPATEN NUNUKAN (DANIEL BANGA TAMBING)

Submitted by: ,
On: Mar 2, 2015 @ 6:42 AM
IP: 36.75.93.47

  • Judul artikel eJournal: KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SEBUKU KABUPATEN NUNUKAN
  • Pengarang (nama mhs): DANIEL BANGA TAMBING
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja aparatur
    pemerintah dalam pelayanan publik di Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dalam kinerja aparatur pemerintah dalam pelayanan publik di Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pegawai sudah baik, dilihat dari ketelitian dan kerapian pegawai dan transparan. Pegawai mengetahui apa saja yang harus dikerjakan dan harus memiliki kualitas pelayanan. Pendapat dari masyarakat, ketelitian pegawai kadang masih kurang. Kuantitas pekerjaan dengan waktu penyelesaiannya telah ditentukan, berapa banyak volume pekerjaan yang harus diselesaikan pada jangka waktu tertentu. Waktu penyelesaian pekerjaan pegawai, cukup efektif dan efisien. Kerjasama pegawai pada Kecamatan berjalan dengan baik. Pegawai selalu interaktif dalam komunikasi, sikap saling menghormati. Kerjasama dilihat dari realisasi kerja sama dengan camat dan antar pegawai dengan menjalankan tugas, menjalankan ke kompakkan, fungsi hubungan, tercapainya tujuan dan fungsi tugas. Faktor penghambat dalam peningkatkan kinerja pegawai yaitu pegawai tidak memiliki inisiatif dan keinginan untuk maju, pegawai tidak memiliki standar kerja yang tinggi, kurangnya wawasan dan pengetahuan pegawai terhadap bagian pekerjaannya, kurangnya perhatian camat ke pegawai, tidak tersedianya sarana dan prasarana komputer, peralatan kantor, genset dan tidak tersedianya sumber daya manusia yang terlatih. Faktor pendukungnya pegawai harus bekerjasama yang baik antar pegawai menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya kinerja yang efektif dan efisien.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja, aparatur, pelayanan publik
  • NIM: 1102015198
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, S.Sos., M.AP & Daryono, S.sos., M.SI
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJourna.doc danil (03-02-15-06-42-01).doc (98 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJourna_doc danil (03-02-15-06-42-01).pdf (59 kB)

Print Friendly, PDF & Email