eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Penerapan Electronic Government Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Aidi Rachman)

Submitted by: rachman, aidi
On: Feb 27, 2015 @ 1:41 PM
IP: 36.75.93.105

  • Judul artikel eJournal: Penerapan Electronic Government Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur
  • Pengarang (nama mhs): Aidi Rachman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Electronic Government dalam pelayanan publik di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dalam menerapkan sistem E-Government dalam pelayanan publik..
    Metode jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis persiapan dan upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dalam menerapkan dan mengembangkan e-Government. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada oranglain.
    Kesimpulan dari penelitian Penerapan e-government dalam Pelayanan Publik di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dapat dikatakan belum berjalan secara optimal hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu masih belum memadainya SDM yang dimiliki terkait penguasaan IT, baik secara kuantitas maupun kualitas sehingga berdampak pada tidak optimalnya pengembangan dan peningkatan pada hardware dan software yang menjadikan aspek layanan publik tidak berjalan secara efektif dan efisien. Walaupun memiliki infrastruktur yang cukup memadai untuk menerapkan pelayanan publk berbasis e-government. Adapun kendala yang dihadapi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kaltim dalam penerapan e-government dalam pelayanan publik yaitu: minimnya SDM yang handal di bidang IT, gangguan virus terhadap software, penggunaan beberapa aplikasi program yang tidak original serta kelemahan konten website berbahasa Inggris.

  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Electronic Government, Pelayanan Publik
  • NIM: 0702015019
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2007
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Fajar Apriani, M.Si dan Dr.Bambang Irawan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 3
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2015
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E – JOURNAL AIDI RACHMAN (02-27-15-01-41-17).docx (55 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E – JOURNAL AIDI RACHMAN (02-27-15-01-41-17).pdf (96 kB)

Print Friendly, PDF & Email