STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA (SANTI SUARDI)
Submitted by: ,
On: Aug 20, 2014 @ 6:34 AM
IP: 36.75.89.47
- Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG TATA RUANG KANTOR UNTUK MENCAPAI EFISIENSI KERJA PADA DINAS PERHUBUNGAN KOTA SAMARINDA
- Pengarang (nama mhs): SANTI SUARDI
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): SANTI SUARDI, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Studi Tentang Tata Ruang Kantor Untuk Mencapai Efisiensi Kerja Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si dan ibu Dra. Rossa Anggraeiny, M.Si. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan Tata Ruang Kantor Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda serta faktor penghambatnya. Fokus penelitian pengaturan ruang kerja dan peralatan kerja, Tata cahaya, Warna, Udara dan Suara serta faktor penghambat pelaksanaan tata ruang kantor pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara.Hasil penelitian pengaturan ruang kerja dan peralatan kantor tidak menerapkan asas jarak terpendek dan asas rangkaian kerja. Alur prosedur kerja yang berbelok dan menyilang dan peralatan kerja yang diletakkan tidak dekat dengan tempat duduk pegawai mengakibatkan pegawai melakukan pemborosan waktu dan tenaga sehingga menimbulkan rasa cepat lelah bagi pegawai, kondisi tersebut menunjukkan efisiensi dalam bekerja tidak terwujud, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam tata ruang kantor seperti cahaya/penerangan yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan menyebabkan mata cepat lelah yang berakibat pada mutu pekerjaan, latar warna biru pada dinding Dinas Perhubungan Kota Samarinda memberikan efek sejuk dan keleluasaan, kualitas udara yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan pegawai, suara musik yang sering diperdengarkan sebagai alat relaksasi bagi pegawai. Gedung yang kecil dengan pegawai yang banyak mengakibatkan ruang kerja menjadi sempit pula merupakan faktor penghambat dalam tata ruang kantor untuk mencapai efisiensi kerja pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda, selain itu kurangnya peralatan kantor yang dibutuhkan dalam bekerja dan untuk memenuhinya dibutuhkan proses yang lama, hal tersebut mengakibatkan pegawai menggunakan peralatan pribadi untuk memenuhi kekurangan tersebut
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Tata Ruang Kantor, Efisiensi Kerja
- NIM: 0902015043
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si & Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 4
- Nomor: 2
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal shanty fix (08-20-14-06-34-24).docx (61 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal shanty fix (08-20-14-06-34-24).pdf (80 kB)