Implementasi Pelayanan Publik Pasca Pemekaran (Istigfarin)
Submitted by: ,
On: Mar 12, 2014 @ 3:00 AM
IP: 36.82.208.147
- Judul artikel eJournal: Implementasi Pelayanan Publik Pasca Pemekaran
- Pengarang (nama mhs): Istigfarin
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Istigfarin, Implementasi Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Desa Labangka Barat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si dan Ibu Santi Rande, S.Sos., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pelayanan Publik di Desa Labangka Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memasuki penelitian (getting in), berada dilokasi penelitian (getting a long), mengumpulkan data (longing data) yaitu observasi, wawancara tidak berstruktur, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik porpusive sampling dan snowball sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis data model interaktif yang diawali dengan proses pengumpulan data (Data collection) data penyederhanaan (Data Reduction), penyajian data (Data Display), penarikan kesimpulan (Conclution drawing). Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan Implementasi Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Desa Labangka Barat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara belum berjalan dengan maksimal, hal ini karena berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa prosedur pelayanan yang ada di Desa Labangka Barat belum sepenuhya disosialisasikan kepada masyarakat, sarana dan prasarana yang belum memadai seperti ruang kerja dan gedung yang masih menempati balai desa, akses jalan yang masih rusak dan kedisiplinan pegawai yang masih kurang disiplin dalam urusan waktu kerja. Dalam proses peningkatan Implementasi Pelayanan Publik Pasca Pemekaran Desa Labangka Barat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara diperlukan adanya prosedur pelayanan baik secara administratif maupun teknis yang telah diketahui masyarakat agar memudahkan proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui tentang prosedur pelayanan yang ada di Desa Labangka Barat dan dapat memberikan kritik dan saran atas pelayanan yang diberikan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, Pelayanan, Pemekaran
- NIM: 1002015073
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Djumadi, M. Si & Santi Rande, S.Sos., M.Si
- Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
- Volume: 2
- Nomor: 1
- Tahun: 2014
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Ejournal Administrasi negara (Istigfarin) (03-12-14-03-00-02).doc (126 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Istigfarin (1002015073) (03-12-14-03-00-02).pdf (421 kB)